Monday, October 23, 2017

Ngobrol Bahasa Inggris Rasa STMJ ala Omah Backpaker



Sumber: Jepretan pribadi.

Dimuat di Citizen Reporter, Harian Surya. Kamis, 19 Oktober 2017

Bagi sebagian besar orang, berbahasa inggris barangkali mesti dipelajari di sekolah atau forum formal lainnya. Namun, hal tersebut agaknya sukses dipatahkan oleh Omah Backpaker. Taman baca yang terletak di Karangploso tersebut, membuka kelas bahasa inggris pada (6/10/2017).
Uniknya, kelas bahasa inggris yang diselenggarakan Omah Backpaker tidak menarik bayaran bagi para pesertanya. Penyelenggaraannya pun, bukan di dalam kelas, gedung maupun ruang formal lainnya. Kelas bahasa Inggris tersebut justru dilaksanakan di Warung STMJ Mbak Ifa, yang juga terletak di Karangploso.
Kelas bahasa inggris yang dikomandani oleh Ajeng Ria, selaku inisator dan pengelola Omah Backpaker tersebut berlangsung hangat, dengan diikuti tujuh orang peserta yang salah satunya berasal dari Inggris. Omah Backpaker sendiri, menerima wisatawan lokal maupun mancanegara untuk dapat diberikan tempat menginap secara gratis, dengan syarat wisatawan tersebut memberikan sebuah buku atau bersedia menjadi sukarelawan di kampung.
Percakapan yang berlangsung pukul tujuh hingga sembilan malam tersebut, bebas diikuti siapa saja tanpa proses registrasi. Para peserta juga diperbolehkan membuka alat penerjemah, bertanya pada teman dan bicara bercampur antara bahasa Inggris dan Indonesia. Tema dalam percakapan pun beragam, mulai percakapan ringan seputar hobi, musik hingga pertanyaan-pertanyaan kritis seputar agama dan persepsi tubuh. Jadi, masih takut belajar bicara dalam bahasa Inggris?

No comments: