Dimuat di web Imadiklus http://imadiklus.com/mendidik-papa-dan-mama/ 20 April 2015.
When I was just a little girl
I asked my mother what will I be
Will I be pretty
Will I be rich
Here's what she said to me
Que sera sera
Whatever will be will be
The future's not ours to see
Que sera sera
Lirik lagu Que Sera Sera yang mulai
populer di tahun 1956 ini bisa menggambarkan, tidak ada yang tahu bagimana masa
depan seorang anak dikemudian hari. Anak tidak bisa memilih, terlahir dalam
keluarga yang seperti apa. Anak juga tidak bisa memilih, terlahir dengan cacat
atau sempurna. Terlahir dengan cerdas atau malah keterbelakangan mental.
Pengembangan kecerdasan jamak ang mencakup delapan aspek, akhir- akhir
ini galak di suarakan di sekolah- sekolah. Tapi, bisakah durasi waktu antara
dua sampai delapan jam di sekolah mengembangankan delapan aspek kecerdasan
tersebut?
Tidak!
Bisa! Tentu
bisa!
Barangkali
bisa?
Jawaban bervariasi inilah yang pasti bakal bermunculan. Sekolah banyak
yang berbondong- bonding menyodorkan program- program mahal pada orang tua.
Program- program tersebut bakal makin laris apalgi ketika di bubuhi bahasa
asing.
Orang tua ingin yang terbaik! Ya! Tentu saja. Sebagian besar orang tua
yang sehat rohaninya pasti ingin hal- hal terbaik bagi putra putrinya. Tapi,
yang sering dilupakan adalah, mampukan program secanggih apa pun mendominasi
apa- apa yang di serap anak
di rumah dan lingkungan, setelah dua jam hingga delapan jam di sekolah?
di rumah dan lingkungan, setelah dua jam hingga delapan jam di sekolah?
Belum banyak orang tua yang menyadari, bahwa sebenarnya pendidikan yang
ada di sekolah tidak bakal banyak menunjang perkembangan anak ketika pendidikan
dirumah tidak berimbang dengan yang ada disekolah.
Seorang anak di ajari mandiri untuk memakai sepatu dan menyiapkan
peralatan belajar sendiri di sekolah. Si anak akan menyesuaikan diri dengan
pendidikan tersebut. Di sekolah, dia bisa mandiri memakai sepatu dan menyiapkan
peralatan belajar sendiri. Tapi dirumah? Orang tua si anak memperlakukan seolah
si anak belum bisa berperilaku mandiri. Sepatu dan perelatan belajar seluruhnya
di persiapkan oleh orang tua. Dengan demikian, si anak akan melakukan trial and error. Dia akan mencoba
beberapa model perilaku dan melihat bagaimana respon orang dewasa di
sekelilingnya.
Di sekolah, dia akan mendapat teguran apabila tidak belajar
mandiri.Sedangkan dirumah, dia tidak mendapat teguran ketika tidak belajar
mandiri. Si anak akan melaksanakan peraturan di sekolah hanya pada waktu di
sekolah saja. Sedangkan dirumah dan lingkungan, dia akan berperilaku berbeda.
Perbedaan sikap antara sekolah dengan orang tua inilah yang seringkali
belum di perhitungkan. Lagi- lagi sekolah- sekolah berebut menawarkan program
yang secanggih mungkin pada orang tua.
Beberapa sekolah memang sudah menerapkan pertemuan orang tua untuk
membahas perkembangan anak. Tapi, pertemuan masih sering bersifat umum dan satu
arah. Pertemuan sekadar bersifat informatif tanpa menyentuh kehidupan nyata
pendidikan anak diluar sekolah.
Perlu ada bimbingan personal dari tenaga ahli di sekolah dalam
mengembangkan parenting efficacy atau
kemampuan diri seseorang untuk menjadi orang tua. Perlu ada
penyambung yang menyuarakan bagaimana pendidikan yang di terapkan sekolah dan bagimana pendidikan yang di terapkan dirumah. Kemudian di ambil titik tengah agar pendidikan dirumah dan sekolah menjadi berimbang.
penyambung yang menyuarakan bagaimana pendidikan yang di terapkan sekolah dan bagimana pendidikan yang di terapkan dirumah. Kemudian di ambil titik tengah agar pendidikan dirumah dan sekolah menjadi berimbang.
Di sekolah, ada seorang anak ada yang susah sekali di sentuh hatinya.
Susah sekali mendengarkan nasihat atau aturan- aturan yang ada di sekitarnya. Bisa
jadi anak yang demikian tidak pernah menerima pelukan hangat atau sekadar
sapaan hangat dari orang tua atau orang yang mengasuhnya dirumah. Anak sekadar
dikirim ke sekolah dengan harapan menjadi lebih baik. Padahal, hati anak yang
susah di sentuh tersebut mustahil dirubah di sekolah. Anak berada di sekolah
hanya dua sampai delapan jam!
Sebagai intitusi yang memiliki disiplin ilmu terkait pendidikan, anak-
anak dan keluarga. Lembaga bisa menjadi jembatan agar orang tua menyadari
pentingnya parenting efficacy sehingga
terjadi keselarasan yang berujung pada perubahan perilaku anak yang lebih baik.
Bagi seorang anak, pendidikan yang utama dan pertama sesungguhnya adalah
keluarga.
SELESAI
No comments:
Post a Comment