Wednesday, April 26, 2017

Bu Nurul Bertanya,"PR Bahasa Daerahmu Mana?"

Jaman SD dulu, mendiang bu Nurul, wali kelas kami waktu kelas 2, tiba-tiba menyuruh kami mengumpulkan PR yang kalau ndak salah mata pelajaran bahasa daerah. Padahal, sebelumnya tidak ada perjanjian PR tersebut mesti dikumpulkan pada hari itu. Dan lagi, pada hari itu memang pelajaran bahasa daerah ndak ada.

Seluruh anak di kelas diminta maju satu per satu oleh bu Nurul. Kami semua ditanya soal,"PR bahasa daerahnya mana?"

Seluruh kelas menjawab nyaris serupa, soal PR yang ketinggalan, belum dikerjakan dan lain-lain. Akhirnya, seluruh kelas dipersilahkan berdiri di depan papan tulis oleh bu Nurul kecuali saya.

Bu Nurul kemudian bertanya pada teman-teman yang berdiri begini,"Kalian tahu? Kenapa cuma Poppy yang duduk?" dan semua anak menggeleng.

Bu Nurul melanjutkan,"Pop... Tadi kamu jawab apa soal PR?"

Saya menjawab polos,"Hari ini, pelajaran bahasa daerah kan ndak ada, Bu."

Kemudian, teman saya saling toleh dan mengangguk. Bu Nurul tersenyum dan memersilahkan semuanya kembali duduk di bangku seperti saya.

Hingga sekarang, saya masih berpikir kalau mendiang bu Nurul betul-betul guru yang ajaib.


No comments: