Sunday, April 19, 2015

Sambut Kartini, dengan ‘Wanita 5 Musim’

        Dimuat dalam Harian Surya, 21 April 2015, dengan Judul, Andakah Wanita 5 Musim Itu?

Mahasiswa Peneliti dan Penulis Produktif (MP3), yang merupakan divisi pemberdayaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Malang (UM), menyambut Hari Kartini dengan cara yang berbeda di tahun 2015. Hari Kartini, yang jatuh setiap tanggal 21 April, disambut dengan mengadakan lomba cerpen bertema Wanita 5 Musim.
Tema Wanita 5 Musim, bebas dipersepsikan oleh peserta lomba cerpen. Secara garis besar, Wanita 5 Musim, dapat di jabarkan melalui lima musim yang biasa terjadi, yaitu; hujan, kemarau atau panas , semi, gugur dan salju. Kelima musim inilah yang di harap menjadi perlambang ketahanan seorang wanita dalam melalui segala keadaan. Ketahanan yang dimaksud adalah, gambaran perjuangan wanita dari dulu hingga sekarang. Selain daripada kelima musim tersebut, peserta di perbolehkan berimajinasi sejauh mungkin dalam mempersepsikan tema yang diangkat.
“Awalnya, lomba ini di buka untuk peserta se-Malang Raya. Akan tetapi, karena permintaan calon peserta dari luar Malang mulai bermunculan, tidak menutup kemungkinan, peserta diluar
Malang untuk bisa berpartisipasi,” tutur Ajar Hayu, ketua MP3 FIP.
Peringatan Hari Kartini, seringkali di peringati berbagai komunitas dan organisasi kemahasiswaan dengan berorasi, melakukan aksi teatrikal atau juga mengumpulkan tanda tangan aksi dukungan. MP3 FIP memang mencoba inovasi yang berbeda di tahun 2015. MP3 FIP, mecoba menampung ide-ide segar dari para penulis berbakat, mengenai Kartini dan perjuangan wanita.
Melalui penulisan cerpen, diharapkan penyampaian gagasan menyoal perempuan, menjadi lebih inovatif dan menarik, baik bagi para penulis maupun pembaca pada umumnya. Lomba cerpen bertema Wanita 5 Musim, diharap menjadi awalan dari inovasi komunitas atau organisasi kemahasiswaan lainnya dalam menyambut Hari Kartini.
“Hingga saat ini, pendaftaran lomba cerpen masih dibuka untuk umum. Bagi peserta yang berminat mengikuti lomba cerpen, Wanita 5 Musim, bisa memfollow twitter @mp3fip. Peserta, juga langsung dapat mencari informasi di Gedung D1 FIP UM, melalui sekret pendaftaran lomba cerpen Wanita 5 Musim atau juga melalui contact person 08564670021 atas nama Dea,” sambung Ajar.


No comments: