Saturday, April 18, 2015

Mengenal Malang, Lewat Pak Singo

     Dimuat dalam Harian Surya, 18 April 2015 dengan Judul, Salam Satu Jiwa Pak Singo! http://surabaya.tribunnews.com/2015/04/17/salam-satu-jiwa-pak-singo

Malang Film Festival (Mafifest) 2015, tahun ini menyajikan hal berbeda. Mengusung tema kearifan lokal, film-film berbau budaya kota Malang disajikan sepanjang acara. Seperti halnya tahun sebelumnya, Mafifest diadakan selama seminggu penuh (2-5 April 2015). Dalam sehari, ada beberapa sesi pemutaran film yang bisa dipilih oleh pengunjung.
Gate B Dome UMM. Pintu menuju Dome Theater UMM.
Film berjudul Malang Hari Ini, adalah satu dari banyak judul film yang paling menarik perhatian. Film tersebut, diproduksi oleh beberapa komunitas film di Malang. Mengangkat profil Pak Singo dalam film tersebut, merupakan kejutan tersendiri bagi para pengunjung Mafifest.
Pak Singo, adalah sosok dibalik kostum singa dan berdiri paling depan di antara para supporter ketika Arema bertanding. Singa atau singo dalam bahasa jawa, terkenal sebagai maskot kebanggaan Arema. Bagi pengunjung yang tidak terlalu menggemari bola, tentunya asing dengan
keberadaan Pak Singo.
Tampilan artikel, ketika dimuat di Harian Surya.
Film Malang Hari ini membuat banyak orang mengetahui, bahwa ada sosok Pak Singo di balik hingar bingar tim kebanggaan Arema. Pak Singo bukan cuma selalu ada di barisan terdepan para supporter bersama kostum singanya, Pak Singo juga merupakan gambaran loyalitas supporter Arema. Pak Singo melakukan satu hal kecil yang justru menjadi perekat semangat antar supporter dan pemain Arema yang tengah bertanding.
Pak Singo juga terlibat kegiatan sosial bersama supporter Arema. Bersama kostum singa miliknya, Pak Singo ikut menggalang dana untuk bencana yang terjadi di wilayah Malang atau sekitarnya. Pak Singo tidak segan turun ke jalanan agar menarik pengguna jalan untuk mengisi kotak sumbangan. Mafifest dengan tema kearifan lokal yang di usung tahun ini, memang membuat banyak orang lebih dekat dan mengenal kota Malang, termasuk sosok Pak Singo yang tersembunyi.

No comments: