Sunday, December 4, 2016

7 Jurusan Di Universitas Yang Cocok Dengan Kamu, Lulusan SMK Jurusan Pekerja Sosial


Pekerjaan Sosial alias Pekerja Sosial alias Social Worker, yang sayangnya sekarang berubah nama menjadi Perawat Sosial di tingkat SMK. Jurusan langka yang biasa disingkat Peksos ini, hanya ada di 18 SMK di seluruh Indonesia. Di Malang sendiri, hanya ada dua sekolah yang menyediakan jurusan ini, SMK Negeri 2 Malang dan Bhakti Luhur.
Bagi kamu yang memiliki teman jurusan Peksos atau memang lulusan Peksos, jurusan ini pasti tidak asing bagi kamu. Soal sejarah singkat jurusan unik ini bisa dilihat di SejarahJurusan Pekerjaan Sosial SMKN 2 Malang. Kemudian, soal kompetensinya, bisa kamu lihat di Kompetensi Keahlian Perawatan Sosial SMKN 2 Malang.
Meski dianggap nyeleneh dan banyak orang belum mengetahui seberapa besar prospek jurusan satu ini, ternyata kamu bisa nyekarep[1] dan tidak perlu bingung memilih jurusan yang linier ketika lulus dari SMK dan ingin kuliah.
       Jurusan apa saja sih, yang nyambung dengan kamu yang lulusan Peksos?
1.      Kesejahteraan Sosial (Kesos)
Sumber: Gugel
Di Malang, kamu bisa menemukan jurusan Kesos di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Fakultas Ilmu Sosial (FISIP). Kamu juga bisa menemukan jurusan ini Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) yang ada di Bandung.
Dilihat dari segi nama, sudah jelas jika jurusan ini yang paling linier jika kamu lulusan SMK jurusan Peksos. Jurusan ini secara utuh akan membuatmu lebih mendalami apa yang kamu dapat dari SMK. Ya… tidak jauh dari istilah klien dan bagaimana menangani seseorang atau kelompok yang mengalami disfungi sosial.
Di jurusan ini, kamu juga akan tetap mendalami sasaran klien seorang pekerja sosial yang bervariasi, mulai dari anak usia dini, gelandangan, anak jalanan, anak bermasalah, orang-orang dengan kebutuhan khusus hingga lansia.
2.      Bimbingan Konseling (BK)
Sumber: Gugel
Jurusan ini juga masih linier dengan Peksos. Hanya saja, jurusan BK seperti salah satu unsur dalam dunia Peksos, yang kamu temui menjadi jurusan tersendiri. Jurusan BK berkaitan dengan dunia konseling dan kejiwaan. Soal konseling dan kejiwaan, kamu pasti sudah akrab ketika masih berkutat dengan jurusan Peksos, dalam menghadapi klien.
Jurusan BK, sedikit berbeda dengan jurusan psikologi. Jurusan psikologi memiliki sasaran yang lebih luas, baik dalam perusahaan hingga perseroangan. Sedangkan, jurusan BK lebih ditujukan pada lingkup persekolahan.
3.      Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
Sumber: Gugel
Masih ingat dengan metode Bimbingan Sosial Kelompok (BSK) di mana salah satunya kamu bisa mengajak sasaranmu untuk outbond? Yup… di jurusan PLS, outbound termasuk dalam lingkup pendidikan nonformal yang dilakukan di luar sistem persekolahan.
Di jurusan tersebut, kamu juga bisa memelajari soal pemberdayaan masyarakat, pelatihan hingga manajemen lembaga PAUD. Jadi, ketika seorang pekerja sosial berhasil menangani klien yang seorang gelandangan nih misalnya, bisa banget selanjutnya gelandangan tersebut diberdayakan melalui pelatihan dari jurusan PLS ini. Uniknya, managemen pendidikan di PLS juga menyasar kalangan menengah atas.
4.      Psikologi
Sumber: Gugel
Sudah dijelaskan loh ya di atas, apa beda BK dengan psikologi. Seperti BK, psikologi juga jurusan yang jadi salah satu unsurnya berkaitan erat dengan Peksos. Penanganan klien secara kejiwaan sangat membutuhkan ilmu psikologi. Jadi, buat kamu yang ingin mendalami ilmu kejiwaan setelah lulus dari jurusan Peksos di SMK, bisa banget melanjutkan ke jurusan keren satu ini.
5.      Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)
Sumber: Gugel
Masih ingat dengan istilah studi pengembangan dan peserta didik, ketika kamu menangani anak usia dini? Yup… istilah klien memang diganti dengan peserta didik dan studi kasus diganti dengan studi pengembangan, jika kamu seorang pekerja sosial yang menangi anak usia dini.
Anak usia dini, memang salah satu lahan garapan pekerja sosial. Bagi kamu yang ingin lebih khusus memelajari dunia anak usia dini, setelah lulus SMK jurusan Peksos, bisa banget mengambil jurusan yang lulusannya dianggap sebagai calon ibu atau bapak idaman ini.
6.      Pendidikan
Sumber: Gugel
Jurusan pendidikan, masih melibatkan ilmu kejiwaan dan hubungan langsung antar manusia. Ya… jurusan pendidikan apapun itu, entah matematika, bahasa inggris hingga teknik. Jurusan pendidikan apapun, masih begitu nyambung dengan kamu yang lulusan SMK jurusan Peksos.
7.      Pendidikan Luar Biasa (PLB)
Sumber: Gugel
Orang-orang dengan kebutuhan khusus, juga salah satu lahan garapan pekerja sosial. Boleh juga kamu memilih jurusan keren ini, jika ingin mendalami soal orang dengan kebutuhan khusus lepas dari SMK.
Di jurusan ini, kamu bisa lebih detail memelajari orang dengan kebutuhan khusus. Bahkan kamu juga diajak memelajari mereka hingga karakteristik fisik, mirip jurusan kedokteran gitu…

     Bagi teman-teman yang mau sharing soal jurusan yang nyambung, tapi belum saya bahas di atas boleh banget loh sumbang pendapat. So, masih bingung lepas lulus mau masuk jurusan apa?




[1] Bebas memilih

No comments: