Wednesday, March 18, 2015

Belajar Dalam Kandang Burung

Dimuat di Harian Surya, 21 Maret 2015.
Bisa di akses juga di http://surabaya.tribunnews.com/2015/03/20/asyiknya-belajar-dalam-kandang dengan judul, Asyiknya Belajar dalam Kandang

Berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya yang melakukan pembelajaran hanya di dalam kelas, PAUD di Sekolah Dolan juga menyajikan pembelajaran diluar kelas setiap akhir pekan. Setiap Sabtu, PAUD yang terletak di Tidar kota Malang ini, mengajak peserta didiknya untuk bermain di sentra alam yang ada di lingkungan sekolah.
Kandang burung, kandang ayam, kandang kelinci dan rumah pohon, bebas di jelajahi peserta didik. Guru juga mendampingi peserta didik ketika pembelajaran berlangsung.

Tenaga guru di Sekolah Dolan, bahkan tidak sungkan untuk ikut masuk bersama para peserta didik ke dalam kandang burung. Di dalam kandang burung, guru mengajak peserta didik mengobrol seputar kehidupan burung. Peserta didik juga bebas mengeluarkan pendapatnya mengenai burung dan kehidupannya.
Pembelajaran semacam inilah yang membuat peserta didik lebih dekat dengan lingkungan. Peserta didik tidak hanya di jejali macam-macam teori mengenai menjaga alam. Peserta didik, langsung diajak untuk bersentuhan dengan alam.

Guru menjadi model langsung bagi para peserta didik untuk dekat dengan lingkungan. Dekat dan menjaga lingkungan bukan cuma sekadar slogan di PAUD Sekolah Dolan.

No comments: